Rabu, 28 Agustus 2013

Arsitektur Cina

Bismillah...
kali ini, FKIA mau ngomongin tentang Arsitektur Cina nih

Cina kaya akan seni dan budaya yang telah mengakar selama ribuan tahun lamanya. Tak terkecuali seni bangunan nya yang memberi pengaruh besar hingga ke korea, vietnam dan jepang.
Berikut beberapa hal yang menjadi ciri khas arsitektur cina
Prinsip Simetris
Ciri khas yang paling terlihat dari arsitektur cina yaitu prinsip simetris yang melambangkan keseimbangan. Walaupun bangunan dapat dikembangkan, prinsip simetris tersebut masih tetap dipertahankan. Bangunan biasa nya dirancang dengan jumlah kolom yang genap agar menghasilkan bentangan atau dinding yang ganjil. Kebalikan dari bangunan, desain taman nya berbentuk asimetris.
Area Terbuka Di Dalam
Berbeda dengan desain arsitektur modern  yang massa bangunan nya di kelilingi taman atau open space, arsitektur cina tradisional memiliki konsep sebaliknya yaitu open space di dalam. Open space didalam konfigurasi massa bangunan tersebut dapat berupa courtyard dan sky well ( sumur langit ). Courtyard berupa lahan kosong yang dikelilingi masa bangunan dan terhubung dengan selasar. Sementara sky well memiliki “bukaan langit” yang lebih kecil berupa implivium di atrium romawi.
Hierarkial
Prinsip hierarkial diterapkan cukup ketat pada arsitektur cina. Misalnya bangunan yang memiliki pintu di depan dan menghadap lahan, memiliki hierarki yang lebih tinggi ketimbang bangunan dengan pintu di samping. Bangunan yang menghadap ke selatan dengan terpaan matahari yang melimpah untuk anggota keluarga tertua sebagai bentuk penghormatan. Bangunan yang menghadap ke timur dan barat untuk anggota keluarga yang lebih muda. Sementara bangunan yang dekat dengan area terdepan biasanya untuk para penjaga dan pembantu.


Konsep Horizontal dan Kosmologi
Orientasi horizontal dengan penekanan bentuk yang melebar dan berkesan ringan merupakan ciri arsitektur cina lainnya. Kosmologi seperti Feng Shui juga diterapkan secara serius mulai dari bangunan rumah tinggal biasa, kerajaan hingga tempat ibadah. Feng Shui diterapkan dari layoutruang hingga struktur
Material
Material kayu memiliki sifat yang tidak tahan lama dan mudah usang dimakan waktu. Di era arsitektur cina kuno, material kayu banyak di gunakan. Namun Pagoda Songyue yang di bangun pada 523 merupakan pagoda tertua yang struktur nya masih kokoh hingga saat ini karena terbuat dari bata dan batu. Kemudian sejak dinasti Tang ( 618 – 907 ) hingga sekarang, material batu dan bata lebih banyak digunakan menggantikan kayu.





semoga bermanfaat :)

1 komentar: